Prakerin Multimedia, Prakerin Animasi, Prakerin Teknik Komputer dan Jaringan, Prakerin Rekayasa Perangkat Lunak, PKL Multimedia, PKL Animasi, PKL Teknik Komputer dan Jaringan, PKL Rekayasa Perangkat Lunak, PKL ,Tempat Prakerin Multimedia, Tempat Prakerin Animasi, Tempat Prakerin Teknik Komputer dan Jaringan, Tempat Prakerin Rekayasa Perangkat Lunak, Tempat PKL Multimedia, Tempat PKL Animasi, Tempat PKL Teknik Komputer dan Jaringan, Tempat PKL Rekayasa Perangkat Lunak, PKL Daftar Prakerin Multimedia, Daftar Prakerin Animasi, Daftar Prakerin Teknik Komputer dan Jaringan, Daftar Prakerin Rekayasa Perangkat Lunak, Daftar PKL Multimedia, Daftar PKL Animasi, Daftar PKL Teknik Komputer dan Jaringan, Daftar PKL Rekayasa Perangkat Lunak,
INFORMASI BANTUAN GRATIS
TEMPAT PKL/PRAKERIND
UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA,
ANIMASI,
RPL (REKAYASA PERANGKAT
LUNAK) DAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN)
DI DAERAH YOGYAKARTA
A. Pendahuluan
a. Latar
Belakang
Sesuai dengan kurikulum
Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap
pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk
mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan
PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan
pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan
pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.
Beberapa siswa peserta
Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak Sekolah, ada
yang mencari sendiri, dan sebagainya. Banyak siswa peserta Prakerin yang
mengalami permasalahan seperti :
1. Kesusahan
dan bingung untuk mencari tempat Prakerin sendiri
2. Tempat
Prakerin yang kurang cocok/tidak cocok dengan jurusannnya
3. Kebingungan
mencari Kost/Tempat tinggal sementara jika dari luar daerah
4. Banyak
siswa peserta Prakerin yang disepelekan
5. Banyak
siswa peserta Prakerin yang nganggur di jam kerja karena tidak diberi
kesempatan ikut dalam kerja secara real/nyata
6. Dan
sebagainya
Dengan adanya
kasus/permasalahan di atas, maka kami dari ALUMNI PESERTA PRAKERIND/PKL yang
dulu di Sekitar Yogyakarta, ingin berbagai cerita dan juga
rekomendasi tempat-tempat PRAKERIND di Sekitar Yogyakarta, untuk jurusan :
1. Multimedia
2. Animasi
3. RPL
(Rekayasa Perangkat Lunak)
4. TKJ
(Teknik Komputer dan Jaringan)
Kami SIAP Membantu
Teman-teman, untuk memberikan BANTUAN GRATIS dalam beberapa hal yaitu :
1. Penempatan ke Tempat PKL/Prakerind, ( Kami sudah
bekerjasama dengan beberapa badan usaha yang siap menerima Peserta
Prakerind/PKL )
2. Pelatihan GRATIS untuk pembekalan sesuai dengan
jurusannya masing-masing (beberapa hari di awal pertemuan, sebelum diterjunkan
ke Tempat PKL/Tempat Prakerind)
3. Penginapan Gratis (Tempat Terbatas, hanya bagi
Peserta PKL/Prakerind yang benar-benar kurang mampu)
4. Bagi Peserta Prakerind yang tidak dapat
PENGINAPAN GRATIS, Pihak kami siap membantu mencarikan tempat Kost disekitar
tempat Prakerind yang terdekat
5. Bantuan/Fasilitas Umum :
§ Bagi Peserta Prakerind diijinkan untuk meminjam
LAPTOP /PC Untuk keperluan selama Prakerind/PKL
§ Bagi Peserta Prakerind diberi fasilitas internet
24 Jam
§ Bagi Peserta Prakerind diijinkan untuk meminjam
HANDYCAM/Kamera Digital untuk keperluan dokumantasi Peserta Prakerind
§ Bagi Peserta prakerind sewaktu-waktu mendapatkan
Bonus Hiburan, seperti : FUTSAL Bersama, Karaoke Bersama di Studio, Ke Pantai
bersama, dan Rekreasi bersama ke tempat wisata sekitar Yogyakarta ( Keraton,
Benteng, Pantai, Malioboro, Bonbin, dll)
§ Bagi Peserta Prakerind juga akan mendapatkan
bimbingan/bantuan dalam membuat Laporan Prakerind untuk tugas sekolah
§ Dll
B. TAHAPAN
PENDAFTARAN Kegiatan PKL / Prakerind
1. DAFTAR
dulu dengan CARA SMS (ketik) DAFTAR PRAKERIND (spasi) NAMA LENGKAP (spasi) ASAL
SEKOLAH (spasi) JURUSAN (spasi) JENIS KELAMIN (spasi) JUMLAH TEMAN YANG DIAJAK
(spasi) ALAMAT ASAL (spasi) TAHU DARI ALAMAT BLOG/WEB APA (spasi) BERAPA LAMA
PRAKERIND (spasi) MULAI TANGGAL BERAPA, BULAN APA, DAN BERAKHIR KAPAN kirim
KE : 08180 4075 713 ( Panitia)
2. Setelah
daftar melalui SMS, maka akan ada INFO Selanjutnya melalui SMS
3. Diadakan
Pelatihan GRATIS selama 3-5 Hari terlebih dahulu untuk BEKAL selama
Prakerind/PKL meliputi :
a. Pelatihan
menerima tamu
b. Pengenalan
Badan Usaha/Profil Badan Usaha nya (profil,staff
karyawan,daftar harga,peraturan,dll
c. Pelatihan
Sesuai dengan Jurusan Masing-Masing Peserta : Multimedia, Animasi, RPL
(Rekayasa Perangkat Lunak, dan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
4. Langkah
Selanjutnya adalah Pelatihan Gratis Tentang Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama,
Kebersihan, Tanggungjawab, Percaya Diri, Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif,
dll
5. Langkah
Selanjutnya Penempatan ke TEMPAT PKL/ Badan Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap
Peserta Di Awal Masuk, (Boleh Memilih Maksimal 2 Tempat), Pilihannya adalah :
Pilihan Tempat PKL/Prakerind
|
Perkiraan Kapasitas
|
Centang Yang Anda Pilih (Pilihan 1)
|
PRO INTERMEDIA
SIC Multimedia
Herro Notebook Center
KJ Computer
Buana Computer
Auditama Computer
Rajawali
Resentika Computer
Super Production
|
20
15
10
5
5
5
10
5
10
|
>>
Untuk Info Lengkap Profil Perusahaan Tersebut, Visi Misi, NPWP, SIUP,Tempatnya,
Aturannnya, dll, Serta BIDANGnya Bisa Tanyakan Langsung Lewat SMS/Menemui
tempatnya
6. Diadakan
Evaluasi Bersama , Untuk Kumpul Bersama dengan Teman-teman/ Anak PKL yang Lain membicarakan
dan Sharing Apa saja yang sudah dilakukan dan menyusun rencana positif untuk
memaksimalkan masa PKL /Prakerind . Bisa Dengan Cara Sharing Lewat
SMS/Chatting/Kumpul Bersama di Ruangan pertemuan
7. Di Hari
Minggu/Hari Libur, diadakan REKREASI Bersama Untuk Refreshing, Pilihan yang
biasa dilakukan adalah: Futsal Bersama, Renang , Badminton, Ke Pantai, Studio
Karaoke, Studio Musik, Mancing, Makan-Makan, dan Jalan-Jalan Ke Tempat Rekreasi
di Sekitar Yogyakarta, dll (Pilihan Rekreasi Bersama Dipilih Secara Musyawarah
Bersama, Bagi Yang Tidak IKUT Juga Boleh)
C. Perlu
diperhatikan Pada saat PKL/Prakerind di Tempat usaha/Badan usaha
Tersebut, setiap Peserta harus :
· Berpakaian
rapi dan sopan, menggunakan Hem/Kemeja dan celana panjang
· Bersepatu/sandal
sepatu
· Tidak
Merokok diruangan
· Jam
Kerja di setiap badan usaha kira-kira 6 - 8 jam untuk Peserta PKL setiap
harinya ( ada yang masuk jam 07.00 sampai jam 16.00, ada yang masuk jam 09.00
sampai jam 17.00, ada yang masuk jam 09.00 – 21.00, dan Jadwal Jam BISA Pilih
Bisa Ikut Yang Per SHIFT PAGI, SHIFT Siang, SHIFT Malam )
LAMPIRAN 1
DAFTAR PELATIHAN GRATIS
UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
SEBELUM DITERJUNKAN KE
PERUSAHAAN/BADAN USAHA
SELAMA 3-5 HARI
( Jenis Pelatihan Bisa
memilih sesuai dengan SK KD/ Jurusannya Masing-masing/ Bisa Meminta/memilih
sesuai yang diinginkan/diminati oleh PESERTA PRAKERIN/PKL )
· Bidang
Teknik Komputer & Jaringan
1. Pelatihan
Perakitan Komputer dengan Versi Yang Berbeda
2. Pelatihan
Bongkar Pasang Laptop dengan Merk Berbeda
3. Pelatihan
Setup BIOS PC & Laptop Semua Merk
4. Pelatihan
Installasi Windows XP, 7, dan Berbagai Linux ( Mandriva, U-Buntu, Fedora, dll)
5. Pelatihan
Basmi Virus dengan Anti Virus
6. Pelatihan
Pengenalan Membuat VIRUS Sendiri
7. Pelatihan
Basmi Virus TANPA ANTIVIRUS
8. Pelatihan
Optimalisasi LAPTOP & PC
9. Pelatihan
Perawatan Laptop dan PC
10. Pelatihan
SERVICE LAPTOP DAN PC ( baik software maupun hardware ) Semua Komponen PC
& Laptop
11. Pelatihan
/ Simulasi Pemasangan Jaringan WARNET
12. Pelatihan
Tambahan Lainnya : (Seperti : Mengembalikan data yang hilang, overClock, Tips
Beli Laptop yg Bagus dan Original, dll)
· Bidang
Multimedia, RPL, dan ANIMASI
1. Pelatihan
Pembuatan Web Online dengan berbagai program
2. Pengenalan
DOMAIN DAN HOSTING
3. Pengenalan
WEB SERVER
4. Pelatihan
Pembuatan Blog dengan berbagai variasi
5. Pelatihan
Editing Video dan Audio
6. Pelatihan
Pembuatan GAME 3D DAN 2D
7. Pelatihan
Pembuatan Animasi Kartun
8. Pelatihan
Segala Desain ( Jaket, Kaos, Pin, Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
9. Pelatihan
Aransemen Musik
10. Pelatihan
Pengambilan Gambar/ Shooting Video
11. Pelatihan
Pembuatan Company Profile dengan berbagai Program
12. Pelatihan
Animasi, Kuis Interaktif, Media Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial
13. Pembuatan
Animasi Kartun Komersil, Game Edukasi, dll
14. Pembuatan
Software-Software PC maupun untuk Android
15. Pelatihan
Pemrograman Basic sampai tingkat Lanjut
16. Pembuatan
Aneka Animasi (Stop motion, flash, 3d, 2d, manual, dll)
17. Pelatihan
Lainnya ( Bisa Menyesuaikan materi dan praktek serta waktu yang ada)
...........................................................................................
§ FORMULIR PENDAFTARAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN /PRAKTEK DUNIA USAHA/PRAKTEK
KERJA INDUSTRI MELALUI SIC
§ Prakerin